Blog Baca Quran Menyajikan Al Quran Online, Al Quran Terjemah, Juz Amma, Bacaan Al Quran, Doa - Doa, Sholawat, Dzikir, Ayat Kursi, Asmaul Husna , Bacaan Sholat, Doa Sholat, Surat Yasin,

MAKALAH KORELASI KESEHATAN JASMANI DENGAN MAKANAN


MAKALAH
KORELASI KESEHATAN JASMANI DENGAN MAKANAN
Oleh : Kelas XII IPS

A. Hakikat dan Bentuk Kesehatan Jasmani
Setiap orang membutuhkan kesegaran jasmani yang baik agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan efektif dan efesien tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Kesegaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam beradaptasi terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.
Program latihan kondisi fisik perlu direncanakan agar dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan kemampuan ergosistem tubuh. Proses latihan dilakukan dengan cara berulang-ulang dengan menambah beban latihan dengan skala tertentu. Hal ini akan menyebabkan orang kian terampil, kuat, dan efesien dalam gerakannya.
Berkenaan dengan pembinaan kondisi fisik perlu meningkatkan kesegaran jasmani, kita perlu mengenal beberapa unsur-unsur kesegaran jasmani yang perlu dilatih. Unsur-unsur tersebut yaitu, kekuatan, kecepatan, kelentukan, kelincahan, daya ledak, dan daya tahan otot jantung dan paru-paru.
Unsur terpenting dalam program latihan untuk mrningkatkan kebugarab jasmani adalan kekuatan. Bentuk-bentuk Latihan kekuatan diantaranya :

1) Kontrkasi isometrik
Kontrasi isometrik atau kontraksi static merupakan kontraksi sekelompok otot tanpa gerakan anggota tubuh. Bentuk latihan dapat berupa mengangkat, mendorong atau menarik benda yang tidak dapat digerakkan seperti mendorong tembok, pohon, dan sebagainya.

2) Kontraksi isotonik
Dalam latihan isotonic tampak anggota tubuh yang bergerak. Kontraksi isotonic meliputi dua macam bentuk, yaitu kontraksi konsetrik yaitu otot memendek dan kontraksi eksentrik yaitu otot memanjang. Kontraksi konsentrik adalah tie kontraksi otot yang lebih umum. Latihan isotonic biasanya dilakukan dengan memakai beban, baik dengan beban tubuh sendiri maupun beban dari luar, seperti lempengan besi, katrol, atau mesin latihan.

B. Hakikat Makanan Sehat
Makanan merupakan salah satu sumber energi bagi manusia yang hidup di bumi. Ada banyak fungsi makanan bagi tubuh kita diantaranya sebagai sumber vitamin, energi dan untuk pertumbuhan. Meski demikian tidak semua makanan mengandung zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan ada makanan yang tidak sesuai dengan tubuh kita dan malah zat yang terkandung makanan tersebut dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel dalam tubuh kita. Maka dari itu kita dituntut untuk lebih cermat dan teliti lagi dalam memilih makanan yang sesuai dengan kita. Biasanya orang yang beranggapan bahwa makanan yang sehat pasti tidak enak rasanya. Memang, hal tersebut bisa terjadi namun jika kita dapat memilih makanan dengan benar,maka kita akan menemui makanan yang tentunya sehat sekaligus terasa enak kita rasakan. Berikut tips dari bagian dapur RSI Sultan Agung Semarang mengenai memilih makanan yang sehat sekaligus terasa lezat saat kita konsumsi. Ada beberapa Tips makanan yang sehat, yaitu
1. Konsumsi makanan yang kaya nutris
2. Konsumsi padi-padian penuh buah dan sayura
3. Atur berat badan seimban
4. Makan dalam ukuran yang layak 5Makan secara teratu
5. Kurangi, bukan membetasi porsi maka
6. Seimbangkan pilihan makanan anda setiap saa
7. Mengetahui kesulitan program diet and
8. Buat perubahan secara bertahap
elain itu, dalam memilih makanan yang sehat bagi tubuh kita ada beberapa hal yang harus kita ketahui diantaranya makanan tersebut tidak mengandung bahan pengawet, makanan yang tidak mengandung bahan pengawet juga harus bebas dari kandungan zat yang memicu kanker. Selain iitu awasi juga tanggal kadaluwarsa yang biasanya tertera dalam kemasan makanan tersebut. Jika sudah lewat dari tanggal kadaluwarsa, biasanya makanan tersebut sudah kotor dan sudah tidak mengandung gizi yang diperlukan bagi tubuh.
Zat gizi yang terkandung dalam makanan memang tidak sempurna, maksudnya ada jenis makanan yang tidak mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu kita juga harus melengkapi zat gizi tersebut dari jenis makanan yang lain. Keterangan tadi juga berarti ada saling ketergantungan antara zat gizi. Misal,zat mangan (Mn) didalam tubuh kurang, maka vitamin A juga tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Vitamin dalam makanan juga harus diengkapi dengan pemenuhan kebutuhan energi. Pemenuhan kebutuhan energi tersebut dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein,karbohidrat dan lemak.
Lemak yang terkandung dalam makanan juga harus kita perhatikan, lemak yang aman dikonsumsi oleh manusia berasal dari makanan seperti kacang dsb. Lemak yang sehat akan sangat berguna bagi penyerapan vitamin-vitamin A,D,E,dan K. Vitamian A misalnya, vitamin yang berasal dari zat besi Semua Kebutuhan akan konsumsi makanan yang sesuai berkisar antara 15-25 % dari kebutuhan energi. Dalam mengkonsumsi jenis makanan juga harus disesuaikan dengan waktu kita mengkonsumsi. Hal-hal seperti jangan terlambat untuk sarapan pagi juga harus selalu diperhatikan. Makan pagi memang sangat bermanfaat bagi setiap orang. Baik dewasa maupun anak kecil,karena dengan makan pagi kita dapat mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktifitas kerja.
Makanan yang kita konsumsi juga harus diimbangi dengan konsumsi air. Karena air di dalam tubuh kita sangat berguna untuk melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh kita, air juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh, pengaturan suhu tubuh juga memerlukan air, sehingga semakin banyak air yang kita konsumsi maka kestabilan suhu tubuh kita akan terjaga dengan baik.
C. Korelasi Kesehatan Jasmani Dengan Makanan
Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh kualitas fisik dan non fisik yang keduanya saling berpengaruh, sehingga perlu mendapat perhatian yang sama agar manusia selalu dalam kondisi keseimbangan yang baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas fisik adalah dengan peningkatan kesegaran jasmani. Status Gizi, status kesehatan, dan latihan fisik adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesegaran jasmani. Hubungan faktor-faktor tersebut dengan kesegaran jasmani diteliti di Klub Jantung Sehat Taman Budaya Taman Raden Saleh Semarang. Penelitian ini bersifat eksplanatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang diperoleh sebanyak 55 orang (kurang dari perhitungan jumlah sampel minimal) yang terdiri dari 24 orang pria dan 31 wanita. Kriteria yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah usia 60-70 tahun, anggota aktif mengikuti kegiatan senam jantung sehat di Klub Jantung Sehat Taman Budaya Raden Saleh Semarang minimal dua kali dalam satu minggu, berbadan sehat dan bersedia menjadi sampel. Penelitian ini dilakukan pada bulan september 2004. Pengambilan data meliputi data identitas responden, kesegaran jasmani diukur berdasarkan denyut nadi paska latihan Kash, asupan makanan melalui food frequency questionnaire (FFQ), status gizi berdasarkan Indeks masa tubuh, status kesehatan dan latihan fisik yang diukur berdasarkan kuesioner dengan pertanyaan terstruktur. Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman dan Pearson Product Moment serta uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 62,5 % pria dan 74,2 % wanita mempunyai status gizi normal 95,8 % pria dan 74,2 wanita mempunyai status kesehatan baik, 74,2 % wanita dan 83,3 % pria mempunyai skor latihan fisik yang sedang, 79,2 % pria dan 93,5 % wanita mempunyai kesegaran jasmani baik. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan antara asupan energi protein dengan status gizi dan ada hubungan antara status gizi, status kesehatan dan latihan fisik dengan denyut nadi. Analisis regresi menunjukkan bahwa ketiga variabel memberikan sumbangan terhadap kesegaran jasmani sebesar 83,1 %.
Facebook Twitter Google+
Back To Top