Blog Baca Quran Menyajikan Al Quran Online, Al Quran Terjemah, Juz Amma, Bacaan Al Quran, Doa - Doa, Sholawat, Dzikir, Ayat Kursi, Asmaul Husna , Bacaan Sholat, Doa Sholat, Surat Yasin,

Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar Berserta Artinya

Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar - Mencari ilmu adalah ibadah dengan ilmu semua bisa kita ambil hikmahnya,Tidak hanya harta ilmu pun bisa kita amalkan kepada orang lain yang sedang membutuhkanya.Ilmu dapat kita raih dengan belajar karena belajar membeuat kita memiliki banyak ilmu.

menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. hukum wajib disini berlaku untuk ilmu agama mencakup ilmu fiqih dan lain sebagainya. tanpa ilmu agama, maka dikhawatirkan seorang muslim melakukan keasalahan dalam ibadahnya sehingga amal ibadahnya tidak diterima oleh ALLAH SWT. ilmu agama tentu sangat berguna dalam menimbang segala sesuatu yang kita alami selama hidup di dunia yang singkat ini. seseorang yang berpegang kepada Al-Qur'an dan Assunnah maka dia akan menjalani segala aktifitasnya berdasarkan dasar dasar islam, sehingga hidupnya akan berkah dan senantiasa mendapat limpahan rahmat dan pahala dari ALLAH SWT.

Kumpulan Hadist Nabi Tentang Menuntut Ilmu

اطْلُبُوْا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْد 
“Carilah ilmu sejak bayi hingga ke liang kubur.”
مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ  أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ 

"Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula". (HR. Bukhari dan Muslim)
مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ
Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)
مٍطَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ 
Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap orang Islam” (Riwayat Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik)
مَْن سَلَكَ طَرِْيقًا َيلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا ِإلىَ اْلجَنَّةِ (رواه مسلم

Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga (HR Muslim)
مُجَالَسَةُ الْعُلَمَاءِ عِبَادَةٌ . (الديلمى )

“Duduk bersama para Ulama adalah ibadah.” (HR. Al-Dailami)
إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْا ، قَالُوْا : يَارَسُوْلَ اللَّهِ ، وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ ؟ قَالَ : مَجَالِسُ الْعِلْمِ . (الطبرانى)

“Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya,”Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?” Nabi SAW menjawab,”majelis-majelis ta’lim/ilmu.” (HR. Al-Thabrani)

إِنَّ مِنْ إِجْلاَلِ اللَّهِ ، إِكْرِامَ الْعِلْمِ وَ الْعُلَمَاءِ ، وَذِى الشَّيْبَةِ الْمُسْلِمِ ، وَإِكْرَامَ حَمَلَةَ الْقُرْاَنِ وَ أَهْلِهِ ، وَ إِكْرَامَ السُّلْطَانِ الْمُقْسِطِ . ( ابوداود والطوسى )

“Termasuk mengagungkan Allah ialah mengormati (memuliakan) ilmu, para ulama, orang tua yang muslim dan para pengemban Al-Qur’an dan ahlinya, serta penguasa yang adil (Abu Dawud, dan al-Thusiy)

DO'A SEBELUM BELAJAR


رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin

Artinya : Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini.
رَضِيْتُ باللّه رَبَّاًوَبالإِسْلامِ دِيْناًوبِمُحَمَّدٍ نَبِيَّاً وَرَسُوْلاً،
RODLIITU BILLAAHIROBBAA WABIL ISLAAMIDIINA WABIMU_HAMMADIN NABIYYAWWAROSUULAA
 
Aku ridlo Alloh sebagai Tuhanku Dan agama Islam itu sebagai agamaku, Dan Nabi Muhammad itu sebagai Nabi dan Utusan Alloh(HR. Achmad no.18199, Ibnu Maajah no.3860)& kitab Al-Adzkaar An-Nawawy halaman 74

 Doa Setelah Belajar

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ
Aallohumma Arinal Haqqo Haqqon Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu

Artinya : Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya

Doa Sebelum Belajar Mengaji

اَللهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
ALLOOHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL-LIKA YA ARHAMAR ROOHIMIINA
Artinya :Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang. 

  Doa Sesudah/Setelah Belajar Mengaji

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLOOHUMMA INNII ASTAUDI'UKA MAA 'ALLAMTANIIHI FARDUD-HU ILAYYA 'INDA HAAJATII WA LAA TANSANIIHI YAA ROBBAL 'ALAAMIINA

Artinya :
Ya Allah! sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.

Tips Belajar Efektif Ala Islam

Selain dengan membaca doa sebelum belajar dan setelah belajar, Anda juga dapat mengefektifkan proses dan hasil belajar dengan mengikuti 9 tips belajar efektif yang telah terbukti berhasil mengantarkan anak-anak saya menjadi juara di kelasnya. Berikut ke sembilan tips belajar efektif tersebut:
  1. Tentukan tujuan belajar. Menentukan tujuan akan membuat kegiatan belajarmu lurus di jalurnya, fokus, dan tidak menggak-menggok.
  2. Tentukan target yang ingin dicapai dari hasil belajar. Misalnya memiliki nilai ulangan yang tinggi, nilai raport yang memuaskan, atau lulus dengan predikat cum laude.
  3. Buat jadwal belajar dan taati jadwal tersebut, sehingga jika Anda melanggarnya buat sangsi untuk diri Anda sendiri.
  4. Istirahat dan berikan penyejukan bagi otak Anda. Bebaskan ia 5 sampai 10 menit dalam proses belajar agar otak tidak kaku.
  5. Tuliskan dan tandai hal-hal yang menurut Anda penting pada buku yang dipelajari. Buat ringkasan dan jembatan keledai agar Anda lebih mudah mengingatnya.
  6. Buat kondisi ruang belajar Anda nyaman. Atur sedemikian rupa sehingga Anda benar-benar rileks berada di dalamnya.
  7. Jauhkanlah semua gangguan seperti kebisingan TV, mesin cuci, dan keramaian jalanan.
  8. Kenali tipe belajar Anda. Jika Anda suka belajar dengan gambar, simbol, dan visualisasi, maka libatkanlah hal-hal visual itu dalam kegiatan belajar Anda.
  9. Baca, dan baca, jangan bosan, jangan malas untuk belajar dan terus giat belajar.
  10. Jangan lupa baca doa sebelum belajar dan doa setelah belajar agar hati dan pikiran tenang saat menerima dan menyudahi proses belajar.
Demikianlah pembahasan Doa Belajar yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat bagi sahabat semua dan jangan lupa untuk menghafalnya serta mengamalkannya.
Facebook Twitter Google+
Back To Top