Blog Baca Quran Menyajikan Al Quran Online, Al Quran Terjemah, Juz Amma, Bacaan Al Quran, Doa - Doa, Sholawat, Dzikir, Ayat Kursi, Asmaul Husna , Bacaan Sholat, Doa Sholat, Surat Yasin,

CONTOH MAKALAH OBSERVASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TK 2013 YANGBAIK DAN BENAR

MAKALAH OBSERVASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TK YANG BAIK DAN BENAR

BAB I

PENDAHULUAN

OBSERVASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TK


A. Latar Belakang

Gambaran sistem informasi pendidikan yang dibutuhkan di Indonesia idealnya adalah bagaimana para pengambil keputusan bilang pendidikan dapat dengan mudah mencari informasi sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan bidang pendidikan.
Banyak bermunculan lembaga-lembaga pendidikan yang berani menetapkan biaya pendidikan cukup tinggi, karena sarana dan prasarana belajar yang disediakan jauh lebih baik dan menjanjikan kepada para siswa maupun mahasiswa untuk ikut melakukan magang

B. Tujuan
1. Memenuhi salah satu tugas mata kuliah “Pengelolaan Pendidikan”
2. Memberikan pengalaman langsung pada mahasiswa dengan menggunakan observasi.
3. Memberitahukan pada khalayak ramai tentang sejarah, sarana prasarana dan pengelolaan pembelajran di sekolah.

BAB II
PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TK


A. Pengelolaan Kepemimpinan di TK Diah Pitaloka
Di TK Diah Pitaloka cara pembelajarannya yang digunakan adalah cara kepemimpinan pembelajaran yang demokrasi. Guru yang memberikan pembelajaran pada murid-muridnya bagaimana selayaknya pengganti orang tua di rumah. Karena anak-anak di usia taman kanak masih perka terhadap perhatian, baik perhatian dari orang tua mereka maupun dari guru yang membimbingnya di sekolah.
Cara guru memberikan atau membina dan hasil dari pembinaan hasil yang yang diberikan guru adalah seperti mana yang tercantum dalam visi dan misi di TK Diah Pitaloka yaitu: Membentuk generasi yang cerdas, kreatif, berfikir logis dan trampil serta membentuk generasi yang bertaqwa, mandiri memiliki sikap gotong royong, hormat dan santun dan bersikap.

B. Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran di TK Diah Pitaloka
Kurikulum yang digunakan di TK Diah Pitaloka adalah menggunakan Kurikulum 2004 belum menggunakan KTSP dikarenakan anak-anaknya belum mampu untuk menerima pembelajaran dari kurikulum yang berisikan KTSP. Oleh karena itu guru menggunakan Kurikulum 2004 namun halnya juga guru menerapkan pembelajaran dengan KTSP secara perlahan-lahan pada anak didiknya. Dalam pembelajaran di TK Diah Pitaloka program semesteran seperti pembuatan Satuan Kegiatan Harian (SKH) dan pembuatan Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) adalah Guru kelas yang membuatnya.

C. Pengelolaan Peserta Didik di TK Diah Pitaloka
Pengelolaan peserta didik di TK Diah Pitaloka yaitu menerima semua siswa yang daftar ke TK tersebut sudah cukup umur untuk memasuki sekolah TK. Semua siswa yang daftar ke TK tersebut tanpa menggunakan testing.
Di TK Diah Pitaloka ada dua kelas yaitu kelas A dan kelas B, namun dua kelas ini disatukan dalam satu ruangan. Hal ini dikarenakan kurang bangunan dalam sekolah. Namun pembinaan siswa tetap berlangsung sebagaimana mestinya. Kelas A terdapat 3 orang murid dan kelas B terdapat 24 murid, jadi dalam satu ruangan ini terdapat 27 orang siswa dalam kelas tingkatan kelas yang berbeda. Guru dalam memberikan pembelajaran antara kelas A dan kelas B sama saja, namun dalam kelas lebih spesifik dalam bimbingan pemberian pelajaran. Jika kelas A belum bisa mengikuti kelas B maka guru memberikan ketentuan murid yang belum bisa mengikutinya harus belajar kembali yaitu masih satu tahun lagi untuk belajar di TK.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di TK Diah Pitaloka ini tidak berlangsung sebagaimana mestinya. Hanya mengadakan kegiatan berenang itu juga dalam waktu jal pelajaran berlangsung dan dilaksanakan dalam satu (1) bulan sekali pada hari Sabtu. Hal ini dikarenakan tidak adanya uang dari Yayasan dan Pengelolaan Kelas ini hanya mempunyai dana dari orang tua siswa.
Keadaan guru dalam kelas di TK Diah Pitaloka yaitu satu (1) guru dan satu (1) kepala sekolah dan bertempat dalam (1) satu ruangan. Jadi dalam satu kelas ini terdapat 2 orang guru, satu (1) guru kelas, dan satu (1) nya lagi kepala yayasan. Latar belakang penidikan guru di TK Diah Pitaloka yaitu dari D2 PGTK dan sudah menjadi PNS. Di TK Diah Pitaloka juga mengadakan pembinaan guru yaitu KKG (Kelompok Kerja Guru) yang dilaksanakan di Kabupaten dan di Kecamatan. Dalam pembinaan KKG ini guru membahas tentang materi-materi yang terdapat dalam kurikulum, KKG juga dilaksanakan tiap bula dan yang melaksanakan KKG ini hanya perwakilan dari tiap-tiap TK.
Pengelolaan sarana dan prasarana di TK Diah Pitaloka ini yaitu izin tanah memiliki namun bersatu dengan SD.
Tanah yang digunakan adalah tanah hak guna pakai yaitu menggunakan tanah milik desa bisa juga disebut menumpang. Namun walaupun tanah yang digunakan adalah hak guna pakai yang dimiliki oleh desa tetapi bangunan sekolah ini adalah bangunan milik sendiri. Sarana dan prasarana dalam kelas sudah cukup lengkap diantaranya ada area bahasa, berhitung, pasir, air dan area balok. Tempat-tempat permainan diantaranya perosotan, ayunan, jungkitan, tangga melingkar, dan putar-putaran, serta puzzle.
Untuk sumber dana di TK Diah Pitaloka ini hanya mendapatkan swadaya dari orang tua murid yaitu berupa iuran bulan siswa. TK Diah Pitaloka tidak mendapatkan sumber dana dari Yayasan maupun Desa. Dalam tiap tahunnya TK Diah Pitaloka juga mengadakan rapat anggaran yaitu rapat anggaran yang dilaksanakan di awal tahun ajaran. Untuk pengeluaran sumber dana yaitu dari dana ADD (Anggaran Dasar Daerah) sekolah ini juga mempunyai hubungan masyarakat yaitu dalam tiap tahunnya sekolah ini mengadakan rapat RAPBS yaitu rapat anggaran yang dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran dan rapat ini dilaksanakan oleh Komite Sekolah, Kepala Desa, Ketua LPMD Desa setempat.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
Bahwa TK Diah Pitaloka dalam kegiatan-kegiatannya tidak berjalan sebagaimana mestinya. Namun dalam pembinaan tetap berjalan dan berlangsung dengan baik. Dalam pengelolaan peserta didik guru-guru di TK Diah Pitaloka menerima semua siswa yang mendaftar, dikarenakan sudah cukup umur. Untuk sumber dana di TK Diah Pitaloka ini hanya mendapatkan swadaya dari orang tua murid, tanpa adanya dana dari Yayasan.

B. Saran
Agar TK Diah Pitaloka lebih meningkat dalam segala bidangnya. Maka Dinas Pendidikan harus lebih memperhatikan semua pendidikan. Terutama sekolah-sekolah yang masih dipedalaman, banyak halnya sekolah-sekolah yang dipedalaman kurang perhatian dari Dinas Pendidikan.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Denah TK Diah Pitaloka
2. Daftar 1
3. Kalender Pendidikan
4. Struktur Organisasi TK Diah Pitaloka
5. Struktur Komite Sekolah

DAFTAR GURU TK DIAH PITALOKA
TAHUN PELAJARAN 2008-2008


No Nama Tempat Tanggal Lahir L/P Ijazah Mulai Bekerja di TK
1. Hodijah Ciamis, 4-9-1966 P SPG 1-5-1996
2. Junarti N. Ciamis, 4-6-1968 P SPG 1-9-2008


STRUKTUR KOMITE SEKOLAH
TK DIAH PITALOKA


KATAPENGANTAR

Puji dan syukur, kita panjatkan kepada Allah SWT., yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Penulis menyajikan makalah ini bertujuan untuk melakukan observasi dan mengetahui tentang sejarah berdirinya sekolah yang diobservasi dan mengetahui tentang pengelolaan pendidikan di sekolah tersebut.
Tidak lupa, penulis ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Dosen Pengajar pada mata kuliah “Pengelolaan Pendidikan”, yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan observasi dan menuangkan hasil observasi dalam bentuk makalah.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, baik dalam hal penulisan, isi, maupun tata bahasa. Hal ini semata-mata kurangnya wawasan kami, untuk itu kami meminta kritik dan sarana kepada pembaca untuk menuju ke arah perbaikan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi kami, umumnya bagi para pembaca.


Tasikmalaya, Mei 2009
Penyusun,

DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan Penulisan 1
BAB II PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TK DIAH PITALOKA 2
A. Pengelolaan Kepemimpinan di TK 2
B. Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran di TK 2
C. Pengelolaan Peserta Didik di TK 2
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 5
A. Kesimpulan 5
B. Saran 5
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Facebook Twitter Google+
Back To Top