Blog Baca Quran Menyajikan Al Quran Online, Al Quran Terjemah, Juz Amma, Bacaan Al Quran, Doa - Doa, Sholawat, Dzikir, Ayat Kursi, Asmaul Husna , Bacaan Sholat, Doa Sholat, Surat Yasin,

PROPOSAL PENGAJUAN RKB LABORATORIUM BAHASA



PROYEK PROPOSAL 
PENGAJUAN RKB
LABORATORIUM BAHASA



TAHUN PELAJARAN  2006/2007




SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA
AL-MUTTAQIN TASIKMALAYA

JALAN JEND. A. YANI NO. 140 TLP. (0265) 310969






















PROYEK PROPOSAL





PENGAJUAN RKB

LABORATORIUM BAHASA





TAHUN PELAJARAN  2006/2007







Disahkan oleh :

   Komite Sekolah,                                                              Kepala Sekolah,




Dr. Rina Dewi Hafil                                            Drs. Jenal Al-purkon
   


Kepala Dinas Pendidikan Kota




H. HENDRYANA SAPUTRA
NIP  : 130 801 648











A. IDENNTITAS SEKOLAH

1. Nama Sekolah
: SMP AL MUTTAQIN
2. Alamat Sekolah

    Jalan
: Jalan Jend Ahmad Yani No. 140
    Nomor Tetepon
: (0265) 310969
    Desa / Kelurahan
: SUKAMANAH
    Kecamatan
: CIPEDES
    Kabupaten / Kota
: Tasikmalaya


B. IDENTITAS YAYASAN

1. Nama Yayasan
: AL MUTTAQIN
2. Alamat Yayasan

    Jalan
: Jalan Sutisnasanjaya No. 235
    Nomor Tetepon
: (0265) 328108
    Desa / Kelurahan
: CIKALANG
    Kecamatan
: TAWANG
    Kabupaten / Kota
: Tasikmalaya


C. STATUS TANAH

    1. Status Kepemilikan Tanah
: Yayasan Al-Muttaqin
    2. Sartifikat Tanah
: 3309 Tgl 13 Oktober 1988
    3. Luas Tanah
: 7000 M
D. IDENTITAS KEPALA SEKOLAH

1. Nama
Drs. Jenal Al-Purkon
2. NIY
9920696025
3. Alamat
Perum PDK No. 56 A
E. NOMOR REKENING

1. Nama Pemegang
Komite Sekolah SMP Al-Muttaqin
2. Nama Bank
BRI Cab. Tasikmalaya
3. No. Rekening

4. Alamat bank
Jalan. R.Ikik Wiryadikarta, Tasikmalaya







BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Revolusi informasi global telah berhasil menyatukan kemampuan komputarisasi, televise, radio dan telephone secara terintegrasi. Hal ini juga merupakan hasil dari suatu kombinasi revolusi dibidang computer personal, transmisi dan kompresi lebar pita (Bandwidth), teknologi penimpanan data (Data Storage) dan penyampaian data (Access) integrasi multimedia dan jaringan computer. Konfigurasi dan teknologi revolusi tersebut telah menyatukan berbagai media, yaitu suara (Voice, Audio), video, citra (image) grafik dan teks.

Teknologi komunikasi dan informasi pada dasarnya memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau serta memiliki potensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, dan salah satu dampak terbesarnya adalah demokrasi di bidang pendidikan, ditandai dengan adanya hubungan antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, guru dengan guru bahkan antara guru, siswa dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan di dalam dan di luar sekolah. Dengan sifat-sifat teknologi komunikasi dan informasi seperti itu telah membuka peluang besar bagi pemerintah daerah dan kota untuk dapat menyiapkan diri untuk membangun sebuah sistemn informasi yang memungkinkan terjadinya proses pemanfaatan teknologi dan informasi bagi kemajuan pendidikan di daerah dan di kota. Hal itu merupakan konsekuensi dari ketersediaannya teknologi yang dimaksud dalam pelaksanaan otonomi daerah. Itu juga berarti bahwa pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi itu khususnya internet kendala keterjangkauan dan ekspose terhadap informasi antara berbagai wilayah di seluruh Indonesia dapat diatasi dan keutuhan wilayah Negara Kesantuan Republik Indonesia dapat tetap terjaga.

Namun yang terpenting dari keadaan ini adalah dibutuhkannya tanggung jawab moral setiap penyedia (provider) dan pengguna teknologi komunikasi dan informasi tersebut karena selain diperolah kemudahan juga akan berjalan seiring dengan dampak negative yang akan ditimbulkan seandainya pemanfaatan itu tidak didasari dengan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, etika, estetika dan kearifan para pemakainya. Hanya dengan mengembangkan nilai-nilai seperti itu dampak negative dari pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi khusunya internet dapt diminimalkan bagi generasi muda yang masih ada dalam pertumbuhan dan percobaan. Membangun sebuah keterbatasan dalam bersentuhan denganteknologi komunikasi dan informasi tersebut hamper tidak mungkin begitu terbukanya berbagai informasi yang di sana-sini diwarnai dengan berbagai trik yang mengundang keterlibatan semua orang termasuk generasi muda untuk terlibat ke dalam sistem teknologi komunikasi dan informasi yang mereka bangun.

Hal itu sangat dimungkinkan karena dengan arahan yang tepat dan sedikit intervensi, teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu mentransportasikan mereka yang selama ini berada dalam posisi marginal di banyak daerah dengan peralatan sebuah computer multimedia dapat berubah dari posisi pengamat menjadi posisi partisipasi aktif, dan di sisilah peranan teknologi informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan dalam proses demoksasri pendidikan menjadi sangat segnifikan. Dengan berkembangnya teknologi informasi tersebut antara batas menjadi hilang (Borderless Nations) demikian pula antarbisnis, pendidikan bahkan media. Perkembangannya begitu dahsyat sehingga hamper tidak ada aspek kehidupan (pendidikan, perdagangan semua segi usaha, hiburan, pemerintahan, pola kerja, pola produksi dan pola hubungan antarmanusia) yang terlepas dari pengaruh juga dampak yang ditimbulkan yang pada saat ini jadi perhatian serius dari berbagai Negara di dunia. Apa yang umumnya sulit dicapai daerah umumnya khususnya daerah terpencil hampir dapat dipastikan tidak ada kendala lagi sepanjang perangkat teknologi yang dibutuhkan memang tersedia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kami SMP Swasta Al-Muttaqin telah menyusun rencana strategis untuk peningkatan mutu dan akses melalui pemanfaatan ICT. Sebagai sekolah swasta kami harus terus berupaya memberikan model dan suasana unggulan  yang bisa berkompetitif dengan sekolah lain. Salah satu unggulanya adalah sekolah berbasis ICT yang memiliki fungsi dalam proses pembelajaran  seperti dapat :
1.              Mengembangkan kemampuan peserta didik  dengan cara mengenal berbagai fasilitas TIK
2.              Mengembangkan pengetahuan, keterampilan peserta didik melalui inovasi teknologi dan informasi (TIK) untuk pendidikan
3.              Dapat memberikan manfaat bagi lingkunagan setempat dan orang lain
4.              Dapat memberikan solusi masalah yang dihadapi yaitu globalisasi dan tantangan dunia
5.              Adanya kesiapan dan semua komponen yang terlibat dalam rangka pelaksanaan program,m dari ICT Center / LAN Kota Tasikmalaya
6.              Adanya tingkat koordinasi yang baik antara bagian yang terlibat baik dari pihak sekolah, klien ICT Center / LAN KotaTasikmalaya, telkom dan expert dari ICT Center / LAN.
a.       Adanya pengendalian yang ketat sehingga kita dapat diketahui berhasil tidaknya program yang dilaksanakan dan dapat memberikan masukan untuk perencanaan selanjutnya.

Berdasarkan perencanaan hal-hal di atas maka strategi yang dapat ditempuh oleh pengelola ICT SMP Al-Muttaqin  Kota Tasikmalaya dalam tahun pelajaran 2008/2009, yaitu :
1.      Melakukan kerjasama dengan sekolah / lembaga pendidikan lain.
2.      Memiliki kemampuan dapat mengakses internet, mengaflikasikan software, memuat web site, instalasi jaringan komputer LAN, menguasai salah satu bahasa pemrograman.
3.      Meraih kejuaraan di bidang IT di tingkat Jawa Barat atau Nasional
4.      Manyipakan sumber daya manusia yang professional dalam bidang IT dan internet
5.      Menyiapkan program sistem pembelajaran online
6.      Menyiapkan program evaluasi dan pemantauan orang tua siswa online
7.      Menyiapkan program-program pelatihan sesuai dengan kebutuhan siswa, guru dan masyarakat sekitar.
8.      Memaksimalkan sistem manajemen pengembangan IT berbasis internet di sekolah.
9.      Sebagai pusat Teknologi Informasi di Priangan Timur

Berangkat dari dasar pemikiran tersebut, maka dengan ini kami memberanikan diri mengajukan  proposal untuk memperoleh Bantuan Dana dari Australia Indonesia Education Program (MCPM-AIBEP). Sampai tahun ini, SMP Al Muttaqin membutuhkan sarana dan prasarana dalam upaya mensejajarkan dengan sekolah-sekolah unggul bertaraf nasional. Sarana dan prasarana tersebut salah satunya adalah Tehnologi Inovasi dibidang TIK.
Program Inovasi di bidang TIK ini , untuk mendukung proses pendidikan dalam rangkan menunjang penguatan system perencanaan dan evaluasi pendidikan yang telah dilakukan serta mencari Inovasi yang bias didokumentasikan dan dikembangkan dalam skala yang lebih besar.



B.     VISI DAN MISI
Visi,
UNGGUL DAN TERDEPAN DALAM PRESTASI
BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA

MISI
·         Menumbuhkan semangat keunggulan dan kemajuan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
·         Mendoronng dan membantu siswa untuk menggali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara lebih optimal
·         Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama Islam dalam membentuk kepribadian islami sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
·         Menciptakan  lingkungan belajar yang religius melalui penegakan keteladanan dan pembiasaan dalam pengamalan prilaku soleh.
·         Menerapkan manajemen kreatif, inofatif, profesional dan partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite sekolah.




B.     TUJUAN DAN SASARAN

TUJUAN DALAM MISI KE SATU
(Menumbuhkan semangat keunggulan dan kemajuan secara intensif kepada seluruh warga sekolah) khusus dalam bidang TIK

1.      Lulusan tahun 2010  semua peserta didik memiliki kemampuan dapat mengakses internet, mengaflikasikan software, memuat web site, instalasi jaringan komputer LAN, menguasai salah satu bahasa pemrograman.
2.      Lulusan tahun 2010  semua peserta didik dapat meraih juara II tingkat Nasional dalam bidang TIK.
3.      Sebagai pusat Teknologi Informasi di Priangan Timur pada tahun 2010
4.      Sekolah menyediakan sistem pembelajaran online se – Kota Tasikmalaya


SASARAN
Sasaran yang terlibat dan terkait dalam peningkatan dan penerapan Inovasi TIK adalah seluruh warga sekolah, orang tua murid,  masyarakat  Kota Tasikmalaya  dan intasi intansi terkait lainya.


D. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup Inivasi TIK  sebagai berikut.
1.      Pembangunan LAN
2.      Lab. Perangkat Lunak
3.      Lab. Perangkat Keras
4.      Ruang Multimedia
5.      Ruang Administrasi
6.      Diklat


BAB II
ORGANISASI

A.    SEJARAH SINGKAT
Berdirinya Sekolah Menengah Pertama ( SMP) al-Muttaqin Tasikmalaya merupakan refleksi dari komitmen Yayasan al-Muttaqin terhadap salah satu misinya, yakni ikut serta menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas melalui penyelenggaraan satuan pendidikan pada jalur sekolah sejak pendidikan pra sekolah hingga pendidikan tinggi, serta pendidikan jalur luar sekolah seperti majlis ta’lim, pondok pesantren dan kursus-kursus ( Anggaran Dasar Pasal 3 ).  Sejak Yayasan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1988 dengan Akta Notaris Suryana, SH. No. 19, telah didirikan Raudlotul Athfal 1989, TKA, TPA, TQA pada tahun 1990, Play Group pada tahun 1999, Sekolah Dasar pada tahun 1996. Perkembangan lembaga-lembaga ini menunjukkan kemajuan yang positif. Hal ini terlihat dari indikator respon masyarakat, jumlah pelamar calon siswa baru, prestasi yang diraih oleh para siswa, serta hasil akreditasi oleh Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.
Meski belum memuaskan, keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang telah diraih patut disyukuri sambil terus berusaha meningkatkannya. Di sisi lain, keberhasilan ini menambah energi kepercayaan diri untuk terus mendirikan sekolah pada jenjang selanjutnya. Maka, melalui surat keputusan yayasan nomor 07/A/AMT/II/1999 tanggal 15 Januari 1999 ditetapkan bahwa Yayasan akan mendirikan Sekolah Menengah Pertama ( SMP) mulai tahun pelajaran 2000/2001. Dalam surat keputusan ini dinyatakan bahwa SMP yang akan didirikan haruslah memiliki keunggulan dalam prestasi akademik, akhlaqul karimah, dan penguasaan bahasa asing ( Arab dan Inggris).
Berdasarkan surat keputusan yayasan tersebut, Panitia Pendirian menyiapkan proposal pendirian mengenai desain SMP yang akan didirikan terutama menyangkut tujuan, visi, misi, target, strategi, dan model pembelajaran dan manajemennya. Setelah melewati serangkaian pembahasan proposal bersama LPI dan Pengurus Yayasan yang di antaranya dilaksanakan pada tanggal 24 Pebruari dan 27  Februari 2003, akhirnya isi proposal disetujui pihak yayasan.
Setelah tahap persiapan dianggap mencukupi terutama yang berkait dengan penyediaan/pembuatan perangkat keras dan lunak, maka  Yayasan mengusulkan permohonan pendirian SMP al-Muttaqin kepada Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Barat. Melalui surat nomor 3390/102.1/kep/OT/1999 tertanggal 1 Oktober 1999, Kanwil Depdikbud Jabar memberikan izin penyelenggaraan terhitung mulai 1 Agustus 2000.
Atas dasar surat izin operasional tersebut, kemudian dilakukan upacara peresmian pembukaan sekolah pada tanggal 26 Juni 2000 Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Depdikbud Kabupaten Tasikmalaya, Wakil Bupati Tasikmalaya, Ketua Umum Yayaan Al-Muttaqin, Orang Tua murid, pengawas kecamatan, guru dan karyawan serta siswa-siswi angkatan pertama SMP al-Muttaqin.
Kepercayaan orang tua murid dan prestasi  demi prestasi terus diraihnya dari mulai tingkat Kecamatan, Kota dan Propinsi  hingga Nasional kami dipercaya  untuk menjadi Sekolah Setandar Nasional (SSN) sejak tahun 2004 sampai 2006. darai mualai 2007 kami mem,buka program clas bilingual sampai saat ini.


B.           SUSUNAN PENGURUS INOVASI TIK SMP AL-MUTTAQIN

Ketua LPI                                : Drs. H. D. Suryatman, MSi
Kepala Sekolah              : Drs. Jenal Al-Purkon
Ketua                                     : Yayan Sopyan, S.Ag
Sekretaris                     : M. Abduh, S.Si
Bendahara                     : Etih Juhaeriyah
Anggota                        : Mukhlisin. A.Md
                                        Linda Kholidatunnur, S.Pd
                                         Agung Junjunan, S.Pd 
                                         Robi Hermawan, SPd
                                        Iman Kadarisman, SPdI
                                        Bangbang Sobandi, SPd
Komite Sekolah             : Ir. Pipit
                                        Dra. Tati Rohimah
                                        Hj. Evi Silviani
                                        Taufiq

BAB III
PROGRAM KEGIATAN YANG DIKEMBANGKAN

A.    Faktor Penentu Program Prioritas Implementasi ITC Center / Local Area Network (LAN) SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya
1.      Analisis Lingkungan Strategis
Analisis lingkungan atau analisis situasi dari satuan organisasi merupakan suatu proses yang dilaksanakan untuk mengidentifikasi factor-faktor pendorong atau penghambat pertumbuhan organisasi pada saat sekarang sebagai bahan kajian dalam rangka peningkatan, penyemprunaan dan pengembangan SMP Al-Muttaqin  pada masa yang akan datang.
2.      Analisis Lingkungan Internal
Lingkungan Internal dalam organisasi yang perlu dianalisis mencakup kekuatan (Strength) sebagai factor pendorong pertumbuhan SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  dan kelemahan (weakness) yang akan menjadi penghambat tumbuhnya SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  . Factor internal biasanya bersumber dari komponen kelembagaan, ketenagaan, ketalaksanaan, dana, sarana, dan prasarana serta informasi.
1.      Kekuatan Internal
Kekuatan internal (strength) adalah kompetensi khusus yang terdapat di dalam dan berakibat pada pemilihan keunggulan / kelebihan kompetitif. Berdasarkan hasil observasi lapangan dan kajian yang telah dilakukan, ditemukan dalam beberap factor yang termasuk dalam kekuatan internal SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  sebagai pengelola ITC Center LAN di SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  yaitu :
a.       Bangunan sekolah permanen jangka menengah
b.      Lokasi kampus  dapat dijangkau dari tiga kabupaten dan kota
c.       Intalasi listrik diatas 6000 watt
d.      Dalam program IT dan akses, pihak SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  mempunyai sumber daya manusia yang cukup handal baik SDM sekolah itu sendiri atau dari networking.
e.       Jumlah siswa se- SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  cukup banyak.
2.      Kelemahan Internal
Kelemahan internal (weakness) adalah keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber daya, keterampilan, serta kemampuan yang dimiliki, potensi untuk menjadi penghalang bagi pertumbuhan SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  . Berdasarkan hasil observasi lapangan dan kajian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa faktor  yang termasuk dalam kelemahan internal SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  sebagai pengelola ITC Center  LAN SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  :
a.       Program-program pelatihan kemampuan dapat mengakses internet, mengaflikasikan software, memuat web site, instalasi jaringan komputer LAN, menguasai salah satu bahasa pemrograman internet masih belum banyak yang belum bisa
b.      Belummemiliki jaringan pembelajaran online
c.       Belum menjalin hubungan dengan intansi lain
d.      Program evaluasi dan pemantauan orang tua siswa online belum siap
e.       Jarak Antara Sekolah  dengan rumah orang tua murid banyak yang jauh
f.       Belum ada asrama dan pemondokan khusus peserta didik 

3.      Analisis Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal dalam SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  yang perlu dianalisis mencakup peluang (opportunity) sebagai factor pendorong kebutuhan SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  dan ancaman yang akan menjadi penghambat tumbuhnya SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  . Dengan mengetahui adanya berbagai pelung eksternal dapat dibuat rencana strategis untuk memanfaatkan peluang, mengatasi kelemahan, atau memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman.
1.      Peluang Eksternal
Peluang eksternal ialah berbagai situai lingkungan yang menguntungkan bagi SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  . Berdasarkan hasil observasi lapangan dan kajian yang dilakukan, ditemukan beberapa factor yang termasuk dalam peluang eksternal SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  yaitu sebagai berikut :
a.       Dukungan orang tua peserta didik/ stake holder sangattinggi
b.      Kepercayaaan stake holder sangat tinggi
c.       Akses peserta didik dari tahun ketahun meningkat
2.      Ancaman Eksternal
Ancaman eksternal merupakan kebalikan dari pengertian peluang yakni factor-faktor lingkungan yang tidak menguntungkan suatu SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  . Berdasarkan hasil observasi lapangan dan SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  yaitu sebagai berikut :
1.      Persaingan yang semakin ketat
2.      Isu yang tidak menguntungkan
3.      image sekolah yang mahaL

B.           Permasalahan yang diidentifikasi
Permasalahan  program implementasi ICT Center / LAN SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya baik pada jalur pendidikan dikaji dari hasil analisis factor internal dan eksternal yang sudah dikemukakan sebelumnya yang menghasilkan 9 factor strategis yang perlu diprioritaskan dalam penanganannya. Untuk itu perlu ditetapkan factor-faktor mendasar dalam menentukan skala prioritas, antara lain :
1.            Melakukan kerjasama dengan sekolah / lembaga pendidikan lain.
2.            Memiliki kemampuan dapat mengakses internet, mengaflikasikan software, memuat web site, instalasi jaringan komputer LAN, menguasai salah satu bahasa pemrograman.
3.            Meraih kejuaraan di bidang IT di tingkat Jawa Barat atau Nasional
4.            Manyipakan sumber daya manusia yang professional dalam bidang IT dan internet
5.            Menyiapkan program sistem pembelajaran online
6.            Menyiapkan program evaluasi dan pemantauan orang tua siswa online
7.            Menyiapkan program-program pelatihan sesuai dengan kebutuhan siswa, guru dan masyarakat sekitar.
8.            Memaksimalkan sistem manajemen pengembangan IT berbasis internet di sekolah.
9.                          Sebagai pusat Teknologi Informasi di Priangan Timur

C.                      Sasaran atau target
Sasaran atau target dari kegiatan yang merupakan penerima manfaat dari kegiatan yang diusulkan adalah :
1.              Peserta didik
2.              Guru dan Karyawan
3.              Orang Tua peserta didik
4.              Intansi terkait
5.              dan Masyarakat sekitar

D.                      Output Yang Dihasilkan
·         Terjalinya  kerjasama dengan sekolah / lembaga pendidikan lain.
·         Memiliki kemampuan dapat mengakses internet, mengaflikasikan software, memuat web site, instalasi jaringan komputer LAN, menguasai salah satu bahasa pemrograman.
·         Meraih kejuaraan di bidang IT di tingkat Jawa Barat atau Nasional
·         Memiliki sumber daya manusia yang professional dalam bidang IT dan internet
·         Memiliki program sistem pembelajaran online
·         Memiliki  program evaluasi dan pemantauan orang tua siswa online
·         Sudah mengikuti pelatihan sesuai dengan kebutuhan siswa, guru dan masyarakat sekitar.
·         Terpenuhinya  manajemen pengembangan IT berbasis internet di sekolah.
·                  Menjadi pusat  Teknologi Informasi di Priangan Timur

E.           Tahapan pelaksanaan kegiatan
No
Tahap Pelaksanaan
Juni
Juli
Agustus
Sept
Okt
1
Penyusunan dan penyerahan proposal




















2
Penilaian proposal dan perivikasi




















3
Penyaluran data




















4
Pelaksanaan pembangunan ICT




















5
Pelaporan Kemajuan  1























No
Tahap Pelaksanaan
Nop
Desembr
Jan
Peb
Maret
1
Pelaksanaan program




















2
Pelaporan  Kemajuan 2




















3
Pelaksanaan Program




















4
Pelaporan Terakhir




















5
Dokumentasi contoh keberhasilan






















F.                        Sering Dana
Dana bantuan blockgrant ini akan ditambah atau dipenuhi kekurangannya oleh Komite sekola dan Yayasan





BAB IV
PENDANAAN

C.     Rencana Kebutuhan Biaya
1.      Rencana kebutuhan biaya pembangunan LAN / ICT SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya
2.      Rencana kebutuhan biaya pembangunan lab perangkat lunak
a.       Rencana kebutuhan biaya pembangunan lab multimedia
b.      Rencana kebutuhan biaya melengkapi tiap kelas adanya komputer
c.       Rencana kebutuhan biaya lainnya
(seluruh rincian terlampir)

D.     Peralatan
1.      Peralatan ICT Center LAN ICT SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya
yang rencana akan dibeli di antaranya :
2.      20 unit computer dengan spesifikasi minimal  : Processor Pentium 4 / AMD setara dengan 2,4 GHz, memori 256 MB DDRAM, HDD 40 GB, CDROOM (ditempatkan pada ruang lab computer)
3.      2 unit PC server dengan spesifikasi minimal : Proc P4 2,4 GHz HT, memori 512 MB DDR, HDD 80 GB (SATA), CDROOM
4.      I unit PC Gateway dengan spesifikasi minimal : Proc P4 GHz HT, memori 512 MB DDR, HDD 80 GB (SATA), CDROOM, 2 ethernet card 10/100 MBps
5.      I unit switch 16 port 10/100 MBps
6.      I unit access point 802.11 b/g with SRX/MIMO
7.      5 unit PCI/USB wireless 802.11 b/g with SRX/MIMO
8.      2 uni UPS 1000 VA
9.      1 unit LCD Projektor
10.  2 unit tower 32 - 40 meter dengan masing-masing dilengkapi :
ü  3 unit sektoral (dengan derajat yang disesuaikan dengan sebaran sekolah sekitar ICT)
ü  1 unit antenna grid parabolic 24 dB
ü  4 wireless access point 802.11 b/g
ü  1 PC router dengan spesifikasi minimal 4 ethernet card, P3-600 MHz, RAM 256 MB, HDD 10 GB
ü  1 unit lighting arrester, pig tail, kabel, power over Ethernet/POE
ü  1 unit UPS 500 VA
11.  1 unit internet telephoni gateway (ITG) dengan 2 fxs 2 fxo
12.  I unit PABX (2 line in, 8 ext)
13.  1 unit IP Phone
14.        1 Unit server rack 19 U
15.        Dan peralatan-peralatan lainnya

B.     Rincian Alaokasi dan Sumber Pembiayaan
No
Kegiatan / alat
Kebutuhan dana
1
Pembangunan LAN
 18.000.000
Pembangunan ICT
1
Lab. Perangkat Lunak
70.000.000
2
Lab. Perangkat Keras
120.000.000
3
Ruang Multimedia
70.000.000



5
Biaya Diklat
16.000.000
Jumlah




BAB V
RENCANA TEKNIS PENGEMBANGAN

A.    Lokasi
Lokasi pengembangan ICT LAN SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya terletak di Jln Ahmad Yani No 140 Kota Tasikmalaya
B.    Infrastruktur
Infrastruktur yang dibutuhkan dalam pengembangannya ICT Center / LAN ICT SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya  antara lain :
ü  Disain dan strukturasi interkoneksi wireless antar-BTS ICT / LAN ICT  SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya
ü  Pembenahan standar dokumentasi infrastruktur ICT / LAN ICT SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya
ü  Standarisasi domain name ICT / LAN ICT SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya
ü  Standarisasi sistem dan fiture router setiap BTS ICT Center / LAN ICT  SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya
ü  Standarisasi kompatibilitas peralatan AP Client
ü  Perluasan koneksi klien ICT / LAN ICT SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya

         Hardware yang dibutuhkan untuk :
1.     PC Server
Speseifikasi computer untuk server di ICT Center / LAN ICT SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya sebagai basis data dari seluruh klien adalah :
Processor
:
Intel Pentium 4 2,4 GHz HT
Mother Board
:
INTEL Board Server
Memori
:
1024 MB
Video Adapter
:
16 MB
Sound Card
:
Standard
Hard Disk
:
80 GB (SATA)
DVD
:
16 x
CDRW
:
52x 32x 52x
Disk Drive
:
1.44 MB (“3.5”)
Monitor
:
17”
Keyboard
:
PS2
Mouse
:
PS2
Network Adapter
:
10/1000 MBPS
Case
:
Case ATX


2.     PC Router
Speseifikasi computer untuk PC-server di ICT / LAN ICT SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya sebagai Router seluruh jaringan adalah :
Processor
:
Intel Pentium 4 2,4 GHz HT
Mother Board
:
INTEL / I’Will
Memori
:
1024 MB
Video Adapter
:
16 MB
Sound Card
:
Standard
Hard Disk
:
80 GB (SATA)
DVD
:
16 x
Disk Drive
:
1.44 MB (“3.5”)
Monitor
:
17”
Keyboard
:
PS2
Mouse
:
PS2
Network Adapter
:
10/1000 MBPS
Case
:
Case ATX

3.     Client
Speseifikasi minimal computer client untuk dapat mengakses data dengan program yang telah ditetapkan sebelumnya :
Processor
:
P4 / AMD 2,4 GHz
Mother Board
:
INTEL / I’Will
Memori
:
256 MB
Video Adapter
:
16 MB
Sound Card
:
Standard
Hard Disk
:
40 GB
CD-Room
:
52x
Disk Drive
:
1.44 MB (“3.5”)
Monitor
:
15”
Keyboard
:
PS2
Mouse
:
PS2
Network Adapter
:
10/1000 MBPS
Case
:
Case ATX




C.    Calon Klien
Klien yang bergabung dalam LAN SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya adalah seluruh sekolah mulai dari SMP, SMA, SMK maupun sekolah tinggt / PT, lembaga, instansi pemerintah dan swasta yang ada di Kota Tasikmalaya

D.    Dukungan pemerintah dan masyarakat
Dalam rangka pengembangan ICT Center / LAN ICT SMP Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya maka banyak stakeholder yang ikut memberi dukungan baik materi maupun non materi. Mulai dari pemerintah daerah, dinas pendidikan, lembaga pemerintah dan swasta serta masyarakat yang secara tidak langsung memanfaatkan fasilitas LAN yang ada. LAN yang akan terbentuk memberikan pelayanan baik untuk kegiatan pelatihan maupun pemberian informasi yang terkoneksi ke internet. Dalam hal ini bukan hanya kegiatan pelatihan dan informasi di bidang pendidikan snamun mencakup bidang pemerintahan, bisnis, kesehatan dll. Sehingga dukungan dari semua stakeholder yang ada sangat membantu terbentuknya LAN tersebut, bukan hanya milik SMP AL-Muttaqin  saja namun milik seluruh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.



BAB VI
PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat sebagai acuan dalam pelaksanaan pengembangan ICT Center / LAN Kota Tasikmalaya yang diharapkan mampu mencapai sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Semoga dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
.

Facebook Twitter Google+
Back To Top